Program KKMI peduli

Program KKMI peduli

Program yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran anggota KKMI dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Instrumen pembayaran dengan fitur uang elektronik non-tunai (cashless) dan/atau tabungan yang digunakan sebagai media penyaluran program KKMI Peduli kepada anggota adalah aplikasi e-KKMI Pay. Transaksi dilakukan lewat Agent KKMI sebagai tempat pembelian Paket Sembako.
PROGRAM KKMI PEDULI ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia yang sudah tercakup Ke-agenan KKMI. Dengan skema Menabung, disalurkan melalui sistem perbankan, yang diharapkan juga dapat mendorong perilaku produktif masyarakat dan mengembangkan ekonomi lokal.

Manfaat Program

  • Meningkatnya ketahanan pangan anggota Koperasi;
  • Merealisasikan Gerakan Gemar menabung, sayang uang ;
  • Meningkatnya transaksi nontunai dalam agenda Gerakan Nasional Nontunai (GNNT); dan

  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

SKEMA-KKMIPEDULI

Paket Tabungan

Syarat dan Ketentuan

    1. PROGRAM KKMI PEDULI berlaku khusus anggota Koperasi Kencana Madani Investama . Hanya anggota KKMI yang dapat mengajukan Tabungan Paket Bahan pangan/ Sembako;
    2. Aktivasi aplikasi e- KKMI Pay;
    3. Anggota wajib menabung senominal yang telah distandarisasikan sebelum mengajukan paket tabungan sembako :
      a. Paket Tabungan 75.000 ( Khusus pendaftar anggota baru )
      b. Paket Tabungan 150.000 jumlah wajib nabung Rp. 150.000,-
      c. Paket Tabungan 300.000 jumlah wajib nabung Rp. 300.000,-
      d. Paket Tabungan 600.000 jumlah wajib nabung Rp. 600.000,-
    4. Menabung yang dimaksud pada ketentuan (3) adalah melakukan topup ulang/ recharge saldo e- KKMI Pay senominal tersebut. Tidak berlaku sistem penggenapan saldo pada akun e-KKMI Pay lewat transfer sesama akun antar anggota dan/ atau akumulasi saldo menambah saldo dengan mengirimkan dana dari rekening bank ke akun e-KKMI Pay sendiri ;
    5. Khusus untuk Tabungan Paket Bahan Pangan/ Sembako, proses menabung /deposit/ pengisian saldo dilakukan dengan cara topup via Agent KKMI ;
    6. Topup saldo e- KKMI pay via Agent dapat dilakukan dengan dua mekanisme, yaitu offline dan online.
      Mekanisme online : Anggota mengirimkan dana dari rekening bank-nya ke akun e-KKMI Pay Agent KKMI. Selanjutnya Agent KKMI mentransfer saldo e- KKMI Pay ke akun Anggota senominal yang telah di topup.
      Mekanisme offline : Anggota melakukan penyetoran uang tunai ke Agent senominal Paket Tabungan yang dipilih, ditambah biaya admin . Selanjutnya Anggota menerima transfer saldo e-KKMI pay dari Agent senominal yang telah disetor oleh anggota.
    7. Saldo yang ditabungkan untuk pembelian jenis paket sembako, bukan hasil akumulasi dan/ atau penggenapan saldo;
    8. Akumulasi saldo yang terdapat pada akun e-KKMI pay anggota, tidak dapat dijadikan alat transaksi untuk pengajuan paket sembako;
    9. Anggota yang sudah menabung dan mengajukan Paket Tabungan , tercatat di sistem pencatatan administrasi Agent ;
    10. Anggota yang sudah mengajukan salah satu Paket Tabungan ,dapat mengajukan lagi pilihan paket yang berbeda dari pengajuan yang pertama ,pada bulan yang sama;
    11. Anggota yang sudah mengajukan salah satu Paket Tabungan ,tidak bisa mengajukan lagi pilihan paket yang sama pada bulan yang sama , hanya bisa mengajukan lagi pada bulan berikutnya ;
    12. Sisa saldo di e-KKMI Pay tidak dapat di transfer kan ke anggota lain untuk dijadikan penambahan saldo Tabungan dalam program KKMI PEDULI.
    13. Sisa saldo di e-KKMI Pay dapat di pergunakan untuk keperluan pembelian produk digital ( Pulsa , Internet, Token Listrik, Pembayaran Tagihan, elektronik Money, Dll. ) Atau ditarik tunai Via Agent.
    14. Tarik Tunai via Agent berlaku khusus Program Paket tabungan dari sisa saldo Tabungan. Limit saldo yang dapat ditarik Tunai Via Agent adalah senilai sisa limit saldo Tabungan paket.
    15. Tarik Tunai via Agent hanya tersedia dalam nominal pecahan Rp. 50.000 dan kelipatannya.
    16. Tarik tunai via Agent berlaku apabila anggota mengajukan tabungan paket berikutnya, maka Sisa saldo dari Tabungan paket sebelumnya, dapat di Tarik tunai via Agent.
    17. Jika anggota mengajukan paket Tabungan hanya sekali dan tidak melakukan tabungan paket berikutnya. Maka sisa saldo tabungan hanya dapat ditransaksikan melalui pembelian produk digital yang tersedia pada menu aplikasi. Tidak berlaku Tarik Tunai via Agent.
  • null

    Datang

    Anggota datang ke Agent dengan membawa perangkat alat transaksi ( aplikasi e- KKMI Pay, m-banking dan/atau uang tunai ).
  • null

    Pilih

    Anggota memilih jenis paket tabungan sesuai kebutuhan. ( cek ketersediaan di Agent )
  • null

    Nabung

    Anggota melakukan topup saldo e-KKMI Pay. ( lihat ketentuan 4, 5,6,7,8 )
  • null

    Bayar

    Anggota melakukan pembayaran paket sembako dengan mentransfer saldo e- KKMI pay ke akun Agent.
  • null

    Terima

    Anggota menerima Paket sembako/ bahan pangan yang telah dibeli  dari Agent, serta sisa saldo e-KKMI Pay. ( lihat ketentuan 12,13 )

Alur Skema

Paket A - Tabungan 75.000

Status : Khusus Pendaftar Anggota Baru

Paket Tabungan 150.000, 300.000 & 600.000

Status : Sudah Terdaftar Anggota

Cara Menabung

Cara Menabung/ Topup Saldo

Alur Transaksi - Mekanisme Online

Cara Menabung/ Topup Saldo

Alur Transaksi - Mekanisme Offline

FAQ - Tanya Jawab

Temukan jawaban tentang Tabungan Paket Sembako.

Pelaksanaan program KKMI Peduli memiliki prinsip:
  1. Memberikan pilihan kepada anggota yang mengajukan Paket Tabungan untuk menentukan jenis paket yang akan dipilih;
  2. KKMI tidak menyediakan pengadaan bahan pangan. Agent dapat membeli pasokan bahan pangan dari berbagai sumber dengan memperhatikan tersedianya pasokan bahan pangan bagi Anggota secara berkelanjutan serta memperhatikan standard kualitas;
  3. Mendorong usaha eceran rakyat untuk memperoleh pelanggan dan peningkatan penghasilan dengan melayani kebutuhan Agent KKMI dari permintaan Anggota yang mengajukan Paket Tabungan sembako;
  4. Koperasi Kencana Madani Investama melaksanakan pengawasan pelaksanaan program KKMI Peduli sesuai dengan Standarisasi teknis yang berlaku.
KKMI telah memberikan Standarisasi anggaran belanja Agent ( harga yang dibayar oleh KKMI pada Agent ) sebagai berikut  :
  1. Paket Tabungan 75.000 – Standard pembelian Agent @Rp. 12.000 x 5 Kg = Rp. 60.000
  2. Paket Tabungan 150.000 – Standard pembelian Agent @Rp. 12.000 x 10 Kg = Rp. 120.000
  3. Paket Tabungan 300.000 – standard pembelian Agent per 1 Paket Rp. 255.000
  4. Paket Tabungan 600.000 – Standard pembelian Agent per 1 paket Rp. 500.000
Dengan adanya standarisasi anggaran tersebut, maka :
  1. Agent wajib melakukan Pemilihan produk bahan pangan yang berkualitas secara konsisten.
  2. Dapat memastikan ketersediaan bahan pangan secara berkelanjutan.
  3. Agent dapat bekerjasama dengan Supplier ( pihak ketiga ) untuk memastikan harga, kualitas dan jumlah pasokan bahan pangan terjamin serta memenuhi prinsip program.
  4. Agent tidak boleh melakukan pemaketan bahan pangan diluar standard KKMI, yaitu menjual bahan pangan dengan harga dan dalam jumlah yang telah ditentukan sepihak oleh Agent.
  1. Jika ada permintaan kebutuhan dari anggota, dan adanya kesepakatan antara Agent dan Anggota (bukan keputusan sepihak), Agent boleh melakukan kustomisasi bahan pangan diluar yang telah distandarisasikan oleh KKMI. Minimal permintaan 25 orang Dari anggota pada 1 titik agent untuk customisasi paket bisa di lakukan .atau
  2. Agent mengajukan paket ke KKMI sesuai kebutuhan dilapangan untuk customisasi dengan nilai tidak melebihi anggaran dan di setujui Anggota yang sudah mengajukan paket .
Contoh : Anggota mengajukan Paket Tabungan 600.000 dengan permintaan mengganti telur ayam 2kg dengan bahan pangan lain yang seharga dengan 2kg telur ayam. Hal tersebut dapat dilakukan jika ada kesepakatan antara agent dan anggota minimal dari permintaan 25 anggota.
  1. Anggota dapat melaporkan Agent melalui mekanisme pengaduan;
  2. Apabila terdapat keluhan dari anggota atas kualitas barang/paket yang diberikan menjadi tanggung jawab penuh Agent & Supplier ( pihak ketiga ) dan pihak KKMI dapat memberhentikan Agent atau suplier Apabila melakukan tindakan diluar ketentuan yang sudah di tentukan dalam program KKMI Peduli.
Agar pengaduan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh pihak KKMI. Pengaduan dilakukan dengan mengirim email ke kkmipeduli@koperasikencanamadani.co.id
Berikut hal-hal yang dapat diadukan oleh pihak yang menyampaikan pengaduan:
  1. Kualitas Barang.
  2. Quantity barang yang di terima.
  3. Tidak menerima Barang dan sudah melakukan pembayaran ke Agent.
  4. Jumlah barang dan jenis tidak sesuai program.
  5. Sudah menabung ( secara tunai maupun non-tunai ke aplikasi Agent ) tetapi Agent belum mengirimkan Dana tabungan.
  6. Agent atau supplier menjual paket ke pihak lain yang bukan untuk kepentingan program.
  7. Agent tidak menggunakan atribut resmi KKMI.
  8. Agent & supplier meminta tambahan biaya diluar ketentuan KKMI.
  9. Nomor HP agent atau Nomor Anggota Agent supplier tidak sesuai dengan yang terdaftar di KKMI.
  10. Penerima paket sembako bukan Anggota KKMI atau menyalurkan di luar wilayah atau ketentuan KKMI.
Tabungan paket 75.000 hanya berlaku sekali. Diperuntukan khusus pendaftar anggota baru. Yang transaksi pembayaran sembako-nya menggunakan saldo awal IDR 50.000 saat pertama kali aktivasi  akun e-KKMI pay.
Untuk selanjutnya, anggota hanya dapat mengajukan tabungan paket sembako 150.000, tabungan paket sembako 300.000 dan tabungan paket sembako 600.000.
Proses distribusi Tabungan Paket Sembako dinyatakan valid apabila memenuhi 3 ( tiga ) unsur :
  1. Transaksi masuk (credit) – pada akun Agent : Deposit Tabungan Sembako.
  2. Transaksi keluar (debet) – pada akun Agent : Transfer saldo tabungan dari akun Agent ke akun Anggota.
  3. Transaksi masuk (credit)  – pada akun Agent : Transfer Pembayaran Sembako dari Akun Anggota ke akun Agent.
Dinyatakan tidak valid. Dan konsekuensinya KKMI tidak akan membayar anggaran belanja Agent beserta profit Agent, jJika ada salah satu atau Sebagian transaksi yang masuk pada kategori yang tidak valid ( Setelah dilakukan proses Verifikasi dan Validasi data oleh KKMI ).
KKMI akan membayar anggaran belanja Agent beserta profitnya dari perhitungan jumlah transaksi yang VALID.
error: