Program KKMI peduli ( PKP )

Program yang bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran anggota KKMI dalam memenuhi kebutuhan pangannya. Melalui skema simpanan dengan media penyaluran program KKMI Peduli kepada anggota menggunakan layanan digital berbasis aplikasi ( Aplikasi "KKMI Mobile"). Transaksi dilakukan lewat Mitra Usaha KKMI Store sebagai tempat pengambilan Paket Sembako.
PROGRAM KKMI PEDULI ini dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia yang sudah tercakup Kemitraan KKMI. Dengan skema Simpanan, disalurkan melalui sistem perbankan, yang diharapkan juga dapat mendorong perilaku produktif masyarakat dan mengembangkan ekonomi lokal.
SK PKP DAN STANDARISASI TEKNIS PELAKSANAAN PKP SK PKP DAN STANDARISASI TEKNIS PELAKSANAAN PKP

Manfaat Program

  • Meningkatnya ketahanan pangan anggota Koperasi;
  • Merealisasikan Gerakan Gemar menabung, sayang uang ;
  • Meningkatnya transaksi nontunai dalam agenda Gerakan Nasional Nontunai (GNNT); dan

  • Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

Syarat dan Ketentuan

    1. PROGRAM KKMI PEDULI berlaku khusus anggota Koperasi .
    2. Aktivasi account KKMI Mobile;
    3. Anggota wajib menyimpan Simpanan Pokok senominal yang telah distandarisasikan sebelum mengajukan simpanan paket sembako :
      a. Paket Simpanan 150.000 jumlah simpanan pokok Rp. 150.000,-
      b. Paket Simpanan 300.000 jumlah simpanan pokok Rp. 300.000,-
      c. Paket Tabungan 600.000 jumlah simpanan pokok Rp. 600.000,-
    4. Khusus untuk Simpanan Paket Sembako, proses menyimpan dilakukan melalui aplikasi KKMI Mobile Mitra KKMI ;
    5. Menyimpan Simpanan Pokok via Mitra dapat dilakukan dengan dua mekanisme, yaitu offline dan online.
      Mekanisme online : Anggota mengirimkan dana dari rekening bank-nya ke akun KKMI Mobile Mitra KKMI.
      Mekanisme offline : Anggota melakukan penyetoran uang tunai ke Mitra senominal Paket Sembako yang dipilih .
    6. Anggota yang sudah membayar Simpanan Pokok dan mengajukan Paket Sembako , tercatat di sistem pencatatan administrasi Mitra (Panel) ;
    7. Simpanan produktif dari hasil profit Simpanan Paket Sembako, dapat di pergunakan untuk keperluan pembelian produk digital ( Pulsa , Internet, Token Listrik, Pembayaran Tagihan, elektronik Money, Dll. ) Atau ditarik tunai Via Mitra.
    8. Tarik Tunai via Mitra berlaku khusus Program Paket Sembako dari hasil profit Simpanan Paket Sembako.
    9. Tarik Tunai via Mitra hanya tersedia dalam nominal pecahan Rp. 50.000 dan kelipatannya.
    10. Tarik tunai via Mitra berlaku apabila anggota mengajukan simpanan paket sembako berikutnya, maka profit  dari Simpanan paket sebelumnya, dapat di Tarik tunai via Mitra.
    11. Jika anggota mengajukan paket sembako hanya sekali dan tidak melakukan pengajuan paket berikutnya. Maka profit yang masuk ke saldo Simpanan produktif hanya dapat ditransaksikan melalui pembelian produk digital yang tersedia pada menu aplikasi. Tidak berlaku Tarik Tunai via Mitra.
  • null

    Datang

    Anggota datang ke Mitra dengan membawa perangkat alat transaksi ( aplikasi  KKMI Mobile, m-banking dan/atau uang tunai ).
  • null

    Pilih

    Anggota memilih jenis paket sembako sesuai kebutuhan. ( cek ketersediaan di Mitra Usaha KKMI Store )
  • null

    Nyimpan

    Anggota membayar simpanan pokok paket sembako melalui aplikasi KKMI Mobile Mitra.
  • null

    Terima

    Anggota menerima Paket sembako dari Mitra, serta profit  yang otomatis masuk ke Saldo Simpanan Produktif pada aplikasi KKMI Mobile anggota.

FAQ - Tanya Jawab

Temukan jawaban tentang Simpanan Paket Sembako.

Pelaksanaan program KKMI Peduli memiliki prinsip:
  1. Memberikan pilihan kepada anggota yang mengajukan Paket Sembako sesuai kebutuhan.
  2. KKMI tidak menyediakan pengadaan sembako. Mitra Usaha KKMI Store dapat membeli pasokan sembako dari berbagai sumber dengan memperhatikan tersedianya pasokan bahan pangan bagi Anggota secara berkelanjutan serta memperhatikan standard kualitas;
  3. Mendorong usaha eceran rakyat untuk memperoleh pelanggan dan peningkatan penghasilan dengan melayani kebutuhan Mitra KKMI dari permintaan Anggota yang mengajukan Paket  sembako;
  4. Koperasi Kencana Madani Investama melaksanakan pengawasan pelaksanaan program KKMI Peduli sesuai dengan Standarisasi teknis yang berlaku.
KKMI telah memberikan Standarisasi anggaran belanja Mitra ( harga yang dibayar oleh KKMI pada Mitra ) sebagai berikut  :
  1. Simpanan paket Sembako 150.000 – Standard pembelian Mitra per 1 paket @Rp. 120.000
  2. Simpanan paket Sembako 300.000 – standard pembelian Mitra per 1 Paket @Rp. 252.350
  3. Simpanan paket Sembako 600.000 – Standard pembelian Mitra per 1 paket @Rp. 498.850
Dengan adanya standarisasi anggaran tersebut, maka :
  1. Mitra wajib melakukan Pemilihan produk sembako yang berkualitas secara konsisten.
  2. Dapat memastikan ketersediaan sembako secara berkelanjutan.
  3. Mitra dapat bekerjasama dengan Supplier ( pihak ketiga ) untuk memastikan harga, kualitas dan jumlah pasokan sembako terjamin serta memenuhi prinsip program.
  4. Mitra tidak boleh melakukan pemaketan bahan pangan diluar standard KKMI, yaitu mendistribusikan sembako dengan harga dan dalam jumlah yang telah ditentukan sepihak oleh Mitra.
  1. Jika ada permintaan kebutuhan dari anggota, dan adanya kesepakatan antara Mitra dan Anggota (bukan keputusan sepihak), Mitra boleh melakukan kustomisasi bahan pangan diluar yang telah distandarisasikan oleh KKMI. Minimal permintaan 25 orang Dari anggota pada 1 titik wilayah ke-Mitraan untuk kustomisasi paket bisa di lakukan .atau
  2. Mitra mengajukan paket ke KKMI sesuai kebutuhan dilapangan untuk kustomisasi dengan nilai tidak melebihi anggaran dan di setujui Anggota yang sudah mengajukan paket .
Contoh : Anggota mengajukan Simpanan Paket Sembako 600.000 dengan permintaan mengganti Beras premium 25 Kg dengan bahan pangan lain yang seharga dengan Beras premium 25 Kg. Hal tersebut dapat dilakukan jika ada kesepakatan antara mitra dan anggota minimal dari permintaan 25 anggota.
  1. Anggota dapat melaporkan Mitra melalui mekanisme pengaduan;
  2. Apabila terdapat keluhan dari anggota atas kualitas barang/paket yang diberikan menjadi tanggung jawab penuh Mitra & Supplier ( pihak ketiga ) dan pihak KKMI dapat memberhentikan Mitra atau suplier Apabila melakukan tindakan diluar ketentuan yang sudah di tentukan dalam program KKMI Peduli.
Agar pengaduan tersebut dapat ditindaklanjuti oleh pihak KKMI. Pengaduan dilakukan dengan mengirim email ke kkmipeduli@koperasikencanamadani.co.id
Berikut hal-hal yang dapat diadukan oleh pihak yang menyampaikan pengaduan:
  1. Kualitas Barang.
  2. Quantity barang yang di terima.
  3. Tidak menerima Barang dan sudah melakukan pembayaran ke Mitra.
  4. Jumlah barang dan jenis tidak sesuai program.
  5. Mitra atau supplier menjual paket ke pihak lain yang bukan untuk kepentingan program.
  6. Mitra tidak menggunakan atribut resmi KKMI.
  7. Mitra & supplier meminta tambahan biaya diluar ketentuan KKMI.
  8. Nomor HP Mitra atau Nomor Anggota Agent supplier tidak sesuai dengan yang terdaftar di KKMI.
  9. Penerima paket sembako bukan Anggota KKMI atau menyalurkan di luar wilayah atau ketentuan KKMI.
Sistem KKMI bersifat fleksibel, untuk masyarakat yang memiliki keterbatasan ( Tidak memiliki Handphone, dll ) sehingga tidak memungkinkan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota Koperasi, tetap dapat ikut berpartisipasi dalam Program KKMI Peduli – Simpanan paket Sembako.
Caranya yakni melalui Account Pengelola yang ditunjuk oleh Mitra KKMI.
error: