FIDUSIA

Syarat & Ketentuan
null
  1. Bagi anggota yang sudah mendaftar ke-anggota-an berhak mendapatkan fasilitas pembiayaan KKMI.
  2. Proses pembiayaan yang di maksud, KKMI bukan berupa uang tunai, tapi berupa unit barang atau pekerjaan yang di anggap layak untuk dibiayai. Dan pembiayaan yang dimaksud adalah berdasarkan invoice dari depositor. Atau pembiayaan itu dibayar tunai sesuai ke-peruntukannya di lapangan.
  3. Deposit bisa dilakukan melalui rekening KKMI atau rekening personal atas nama Inisiator atau Ketua KKMI yang sudah disepakati antara pihak yang mengajukan pembiayaan dengan pihak KKMI, serta pelaksanaan deposit maupun klaim sesuai aturan yang ditentukan oleh KKMI. Dan pelaksanaan pencairan pembiayaan maupun pembayaran klaim bisa dilakukan melalui rekening KKMI atau rekening Inisiator atau Ketua KKMI atau rekening yang ditunjuk dan disepakati oleh KKMI.
  4. Apabila dalam 1 (satu) tahun terdapat anggota yang hanya mendaftar sebagai anggota saja dan tidak ada pengajuan pembiayaan, maka anggota tersebut dinyatakan berhenti dari keanggotaan secara otomatis, dan deposit pendaftaran anggota yang sudah di-depositkan tidak bisa dikembalikan dan ke-anggotaan-nya dinyatakan berhenti.
  5. Apabila pengajuan pembiayaan dan deposit sudah dilakukan oleh pihak yang mengajukan pembiayaan kepada KKMI, maka anggota tersebut berkewajiban untuk mendaftar menjadi anggota KKMI sehingga pembiayaannya dapat dilaksanakan.
  1. Bunga dibayar di depan menurut aturan KKMI
  2. Maksimal deposit 1 (satu) tahun.
  3. Pada masa akhir dikembalikan 100 (seratus) persen atau diperpanjang sesuai kesepakatan antara depositor dengan KKMI.
  4. Memiliki Buku Tabungan, Copy Deposit, Kartu Anggota.
  1. Memiliki Buku Tabungan dan Kartu Anggota KKMI.
  2. Apabila Depositor sudah mendeposit dan unit atau barang yang di ajukan belum terpenuhi oleh pihak KKMI, maka Depositor berhak mengajukan klaim untuk penarikan kembali atas jumlah deposit yang sudah di setorkan ke pihak KKMI.
  3. Dalam rangka klaim atas penarikan deposit apabila terjadi pembatalan pihak Depositor wajib mengisi form klaim yang disediakan pihak KKMI dan dana yang sudah disetorkan akan dikembalikan 100 (seratus) persen dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari kerja Bank.
  4. Form aplikasi bila dibuatkan dengan cara daftar online atau diambil di agen atau kantor KKMI dengan lampiran bukti stor, Buku Tabungan dan Kartu Anggota serta form klaim yang sudah diisi dan ditandatangan di atas materai Rp.6000,- dan sudah dilegalisasi oleh notaris KKMI.
Depositor yang sudah mendeposito dan sudah menerima unit barang tetapi dalam masa waktu yang ditentukan tidak mampu atau tidak terjadi ketidaksesuaian, maka :
  1. Deposit yang sudah berjalan di bawah 50 (lima puluh) persen ke bawah maka, pihak KKMI berhak melayangkan Surat Pemutusan Kerja dengan pemberitahuan melalui pos atau Surat Elektronik atau telepon atau via SMS nomor resmi (by provider).
  2. Setelah surat diterima maka pihak KKMI berhak menarik asset yang dikuasakan ke pihak Depositor dengan hanya mengembalikan dana 60 (enam puluh) persen saja dari Deposit yang ada dan aset serta pembayaran yang sudah dilakukan tidak bisa di klaim untuk dikembalikan kepada Depositor dan menjadi hak tanggung pihak koperasi KKMI untuk menata ulang atas aset yang sudah dikuasakan kepada Depositor dan melepaskan cicilan atas aset kepada Depositor.
  3. Yang sudah berjalan di atas 50 (lima puluh)persen sampai dengan 70 (tujuh puluh) persen dan pihak Depositor tidak bisa melanjutkan kontrak kerja maka, pihak KKMI mengembalikan biaya sebesar 70 (tujuh puluh) persen kepada pihak Depositor, dan aset yang di kuasakan akan dikuasai penuh oleh pihak KKMI, dan melepaskan tanggungan atas beban yang sudah disepakati menjadi kuasa pihak KKMI.
  4. Yang sudah berjalan di atas (tujuh puluh) persen dari kontrak, dan Depositor tidak bisa melanjutkan kontrak dan dana Depositor akan dikembalikan 80 (delapan puluh) persen dari jumlah deposit dan aset menjadi hak milik KKMI dan segala beban dikembalikan pertanggungan kepada pihak KKMI.
  5. Apabila Depositor sudah melakukan pelunasan dari total kontrak, maka dana yang terdeposit di KKMIdikembalikan 100 (seratus) persen dengan ketentuan 70 (tujuh puluh) persen di transfer ke Nomor Rekening Depositor dan unit barang mutlak menjadi milik Depositor, dan yang 30 (tiga puluh) persen dari Deposit di alokasikan ke rekening sosial dalam rangka kegiatan Dokter Call dan Reaksi Cepat Bencana Alam.
Semua pernyataan yang dimaksud di atas melalui skema dan aturan yang berlaku di KKMI dengan cara sbb :
  1. Peringatan melalui tertulis dari pihak KKMI atau melalui media elektronik atau via SMS (dengan nomor resmi KKMI by provider).
  2. Setelah dalam masa waktu 3×24 jam diterima pemberitahuan dari pihak KKMI maka pihak KKMI akan meminta data dikembalikan berupa Buku Tabungan, Kartu Anggota dan aset yang di kuasakan kepada Depositor.
Depositor mendeposit dari nilai barang ditambah 12 (dua belas) persen dan dana yang di deposit adalah senilai 10 (sepuluh) persen dari total harga barang di tambah 12 (dua belas) persen.
Contoh:
Harga nilai barang + Bunga Flat = Rp. 100,000,000,- + 12 %
Total nilai barang = Rp. 112,000,000,- x 10/100
Total Deposit = Rp. 11,200,000,-
Total Angsuran adalah = Rp. 112,000,000,- / Tenor
Sesudah ditambah 12 (dua belas) persen Bunga Flat.
  1. Bunga Deposit diberikan kepada Depositor dengan perhitungan bunga yang berlaku sesuai kesepakatan dengan perhitungan bunga dan di potong 70 (tujuh puluh) persen dari Bunga Deposit untuk kegiatan Social Community.
  2. Beban angsuran menjadi pengurangan di sesuaikan dengan nilai barang serta angsuran menjadi 50 (lima puluh) persen dari angsuran yang semestinya.
Contoh :
Nilai barang + Bunga Flat = Rp. 100,000,000,- + 12 (dua belas) persen
Nilai total barang = Rp.112,000,000,- x 50
100
Jumlah Deposit = Rp. 56,000,000,- setara dengan 50 (lima puluh) persen
  1. Jika Depositor mendeposit 100 (seratus) persen dari nominal barang yang di ajukan setelah di tambah 12 (dua belas) persen, maka unit barang yang diajukan menjadi atas nama Depositor, dana yang di deposit-kan minimal 1 (satu) tahun dan akan dikembalikan 100 (seratus) persen pada akhir masa kontrak atau bisa diperpanjang sesuai kesepakatan bersama.
  2. Jika Depositor mendeposit 100 (Seratus) persen dari Pengajuan pembiayaan untuk unit kendaraan atau investment , beban biaya PPN dan PPH atau balik nama atas unit biaya di tanggung pihak KKMI. Deposit 50 (Lima puluh) persen PPN dan PPH ditanggung bersama. 50 (Lima puluh) persen pihak yang Mengajukan pembiayaan , 50 (Lima puluh) persen di tanggung pihak KKMI. Dan Deposit dibawah 50 (Lima puluh) persen PPN PPH dan kewajiban lainnya ditanggung pihak anggota yang Mengajukan pembiayaan.
  1. Teknis Pelaksanaan pengembalian deposit adalah 14 (Empat belas) hari kerja Bank setelah depositor Mengajukan pembiayaan yang tidak terealisasi oleh pihak KKMI berdasarkan Surat yang di tandatangani team KKMI.
  2. Pengembalian deposit untuk unit yang sudah realisasi dibayarkan pada saat kontrak selesai ditambah 14 (Empat belas) hari kerja Bank dengan menerima Pengajuan claims oleh depositor dan di setujui pihak KKMI.
  3. Untuk pengembalian deposit proyek dilakukan Pengajuan 1 (Satu) bulan sebelum proyek berakhir Dan ditambah 14 (Empat belas) hari kerja Bank setelah pekerjaan proyek yang dilaksanakan dinyatakan selesai , dan di terima oleh pihak pemberi pekerjaan atau yang mengeluarkan SPK.
  4. Deposit dibawah 100 (Seratus) juta hanya dapat dilakukan klaim selama 3 (Tiga) bulan.
  5. Deposit dari 100 (Seratus) juta keatas sampai nominal 250 (dua ratus lima puluh) juta bisa mengajukan klaim minimal 6 (Enam) bulan.
  6. Deposit diatas 250 (dua ratus lima puluh) juta dan seterusnya, hanya bisa dilakukan klaim minimal 1 (Satu) tahun sejak dilakukannya deposit.
  7. Dan klaim tersebut dilakukan apabila belum terealisasinya pengajuan pembiayaan oleh pihak KKMI. Apabila sudah terealisasilkan pembiayaan dari nominal yang sudah disepakati maka pihak depositor wajib mengangsur pada bulan berikutnya senominal pembiayaan yang sudah derealisasikan oleh pihak KKMI.
  8. Apabila pembiayaan oleh pihak KKMI belum bisa direalisasikan maksimal 40 (Empat puluh) hari kerja bank atau 2 (Dua) bulan berjalan karena adanya kendala di proses sistem keuangan KKMI, pihak KKMI akan mengkonfirmasi ke pihak Depositor untuk diadakan musyawarah pengembalian atas deposit .
  9. Pembiayaan yang sudah dicairkan dengan nominal tertentu oleh KKMI kepada anggota yang mengajukan pembiayaan baik per-orang atau badan usaha, apabila terdapat klaim pada masa belum terealisasi keseluruhan pembiayaan untuk pengambilan deposit maka deposit hanya bisa dicairkan sesuai aturan yang berlaku pada FIDUSIA.
  10. Dan pihak anggota koperasi yang sudah mendeposit berkewajiban melakukan pembayaran sesuai aturan yang berlaku. Pembayaran angsuran sesuai dengan jumlah pembiayaan yang sudah dicairkan kepada anggota yang sudah menerima pembiayaan dari KKMI.

Note ( catatan ) :

Semua hal yang terlibat atas penghilangan aset atau Buku Tabungan dan Kartu Anggota akan dikenakan sanksi :
  1. Pemblokiran atas semua akses pada KKMI.
  2. Apabila terjadi kesalahan yang berakibat hukum, maka akan diproses sesuai hukum yang berlaku di wilayah negara republik Indonesia.
  3. Segala sesuatu kelalaian yang mengakibatkan kerusakan, kehilangan dan kecelakaan yang berakibat hukum pidana maupun perdata sepenuhnya di tanggung oleh Depositor, dan Depositor tetap diwajibkan membayar kewajiban sesuai nominal kontrak yang sudah disepakati antara Depositor dan KKMI.
  4. KKMI tidak melayani pengajuan pinjaman uang cash. KKMI hanya merealisasikan pengajuan dari calon Depositor dalam bentuk pengajuan unit/barang. KKMI tidak menerima deposit dari calon Depositor jikalau dana yang akan di deposit ada indikasi : uang korupsi, narkoba dan pencucian uang.
  5. Segala bentuk kesepakatan di atas, jikalau sudah musyawarah mufakat dan ditanda tangani kedua belah pihak maka, pernyataan ini menjadi landasan batal demi hukum dan berlaku kemufakatan baru.
null
Sehubungan dengan Aturan & Privasi Manajemen, Kami tidak memberikan bentuk dokumen apapun selain dari alamat Email Resmi Kami. Dan tidak menerima deposit selain ke rekening A.n Koperasi Kencana Madani Investama.
error: